Siapkan Hal Berikut Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata Religi

Melakukan perjalanan wisata, terlebih wisata religi, merupakan hal penting yang perlu di lakukan setiap tahun atau setiap ada kesempatan. Karena selain bisa membuat otak menjadi fresh, wisata religi bisa mendekatkan kita pada Tuhan, dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, untuk anda yang berencana melakukan perjalanan wisata religi, berikut beberapa hal yang sebaiknya anda siapkan sebelum berangkat.

1. Mencari informasi mengenai tujuan wisata yang akan dikunjungi

Hal pertama sebelum berangkat, tentu saja hal pertama yang harus di lakukan adalah menentukan tujuan wisata religi anda. Dan untuk anda umat muslim, tentu saja mengunjungki makam para wali, mengunjungi masjid atau bangunan suci lain yang memiliki nilai sejarah, menjadi pilihan utama untuk di pertimbangkan.

 

Nah, tinggal anda pilih mana destinasi yang akan di kunjungi. Jika anda berencana melakukan perjalanan wisata dengan seluruh keluarga, maka pastikan anda membicarakan ini bersama, dan pastikan juga keputusan yang akan di ambil nantinya, telah di setujui semua anggota keluarga yang rencananya akan ikut.

2. Pelajari banyak informasi terkai tempat yang akan dikunjungi

Sangat wajar jika tiap destinasi wisata memiliki aturan, baik itu yang tertulis maupun tidak, untuk setiap pengunjung yang datang. Nah, ini yang perlu anda ketahui. Sebaiknya anda browsing dulu di internet mengenai apa saja peraturan dan hal-hal lain yang berlaku di destinasi yang akan dikunjungi.

3. Menyiapkan budget yang cukup

Budget merupakan hal yang utama untuk disiapkan. Jadi, jauh-jauh hari anda sudah memperhitungkan, berapa biaya yang dibutuhkan, mulai dari biaya perjalanan, biaya menginap, biaya makan, biaya masuk tempat wisata, biaya untuk oleh-oleh dan sebagainya.

4. Menentukan kapan berangkat

Ini juga merupakan hal wajib yang harus di lakukan. Karena dengan mengetahui kapan hari H keberangkatan, semua pihak bisa menyiapkan segala hal dengan matang, dan tentunya sudah mengantisipasi hal-hal lain, yang bisa membatalkan rencana  perjalanan wisata.

5. Berpakaianlah yang rapi dan sopan

Ketika berada di tempat wisata religi sebaiknya mengenakan pakaian yang sesuai dengan aturan atau setidaknya anda menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat Islam. Misal jika anda ingin bepergian ke Makkah maka yang laki-laki mengenakan ikhram, yang perempuan berpakaian secara tertutup, dan sebagainya.

 

Nah, itulah diatas beberapa hal yang sebaiknya anda siapkan sebelum melakukan perjalanan wisata religi, semoga informasi diatas bisa menjadi referensi yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *