Ini Keuntungan yang Anda Dapatkan Jika Ban Mobil di Isi Nitrogen

Banyak pemilik kendaraan bermotor, utamanya mobil, yang lebih memilih  penggunaan nitrogen untuk mengisi angin pada bannya. Hal ini sangat wajar, karena  kabarnya penggunaan nitrogen memiliki beragam keuntungan, dibanding menggunakan jenis angin biasa.

 

Lantas, kira-kira apa saja keuntungan dari penggunaan nitrogen ini dibanding angin dari kompresor biasa? Berikut informasi selengkapanya:

1. Menjadikan Bentuk dan Ukuran Ban Lebih Terjaga

Diyakini, ban yang di isi dengan nitrogen bisa lebih terjaga, baik bentuk maupun ukurannya. Kenapa demikian? Sebab, nitrogen memiliki unsur lebih stabil bila di banding angin biasa. Tentunya dengan kondisi tersebut, membuat ukuran ban menjadi lebih terjaga.

2. Tekanan pada Ban Lebih Stabil

Bila Anda hanya mengisi ban dengan angin dari kompresor, biasanya isi angin tersebut terdiri dari campuran serta beragam jenis udara, dimana salah satunya ialah oksigen. Dan perlu di ketahui, saat dalam kondisi suhu tertentu, tekanan oksigen bisa berubah-ubah atau tidak stabil. Tetapi bila anda menggunakan nitrogen, tidak demikian yang terjadi. Pada penggunaan nitrogen unsur di dalamnya tidak mudah dipengaruhi/terkontaminasi unsur lainnya, jadi bisa di pastikan tekanan ban lebih stabil.

3. Nitrogen Lebih Tahan Lama

Nah, karena sifat nitrogen yang diyakini lebih stabil, membuat tekanan ban lebih tahan lama dibanding hanya menggunakan angin biasa dari kompresor. Kondisi udara dalam ban lebih terjaga volumenya, sehingga udara tak mudah menyusut.

4. Ban Anti Embun

Sebagaimana yang kita tahu, nitrogen tak memiliki kandungan air. Berbeda dengan angin biasa, yang umumnya saat sedang mengalami suatu reaksi, bisa memunculkan air/embun. Dan dengan adanya air tersebut dalam jangka waktu lama, akan membuat velg menjadi korosi. Selain itu, adanya air di dalam ban bisa mengakibatkan reaksi kimia, yang berdampak pada beban  ban yang semakin berat.

5. Penggunaan Nitrogen pada Ban membuat Handling lebih Baik

Yup ini bukan isapan jempol belaka. Nyatanya sudah banyak yang membuktikan hal ini. Penggunaan nitorgen bisa membuat kendaraan lebih stabil, khususnya untuk urusan handling. Hal ini dikarenakan sifat dari nitrogen yang bisa membuat ban lebih stabil

 

Nah, banyak sekali kan keuntungan penggunaan nitrogen ini untuk ban mobil anda. Jadi, mulai sekarang jangan ragu menggunakan nitrogen dibanding angin biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *